Melihat Pesona Waduk Gajah Mungkur Dari WATU CENIK

Melihat Pesona Waduk Gajah Mungkur Dari WATU CENIK

Mendengar kota Wonogiri, yang terlintas pertama kali adalah waduk Gajah Mungkur. Lalu bagaimana pemandangan indah waduk tersebut jika dilihat dari ketinggian? Kali ini aku akan mereview tempat wisata untuk melihat secara langsung waduk Gajah Mungkur dari perbukitan. Namanya Objek wisata β€œWatu Cenik” yang terletak di Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri.

Tempat wisata yang tidak jauh dari kota Wonogiri ini menjadi alternative kedua setelah objek wisata waduk Gajah Mungkur dengan jarak tempuhnya hanya berkisar antara 15-20 menit dari kota Wonogiri. Akses menuju kesana sangat mudah, melewati jalan raya Wonogiri-Pracimantoro. Setelah melewati Jembatan belok ke kanan, di sana ada tugu bertuliskan Gantole Menara Filter.

Jalan menuju kesana lumayan terjal dan berkelok-kelok, jadi pastikan kendaraan kalian dalam posisi yang baik. Pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar Rp. 10.000 untuk 2 Obyek wisata sekaligus yaitu Watu cenik dan Puncak Joglo. Pos tiket masuk tersebut terletak di Perkampungan, selanjutnya pengunjung tinggal mengikuti petunjuk arah yang tersedia disana.



Tidak sampai 5 menit pengunjung akan tiba di parkiran, selanjutnya menaiki beberapa anak tangga menuju lokasi. Sampai diatas, pengunjung langsung disuguhkan pemandangan waduk Gajah Mungkur yang terbentang sangat luas dan memesona. Jika dilihat dari atas sini, waduk Gajah Mungkur terlihat seperti lautan, dan keramba nelayan di waduk terlihat kecil seperti kapal.


Jika kita berjalan lagi ke arah Timur, pengunjung akan melewati hiasan berupa caping dan beberapa pohon bunga kamboja yang membuat suasana menjadi lebih adem. Selanjutnya pengunjung diarahakan untuk menuruni anak tangga menuju tulisan Watu cenik yang di belakangnya terdapat 2 buah batu sebagai Icon tempat wisata ini. Dari sini pengunjung bisa melihat waduk dari ujung kiri sampai dengan ujung kanan tanpa penghalang apapun.

Beberapa spot foto gratis yang bisa dinikmati para Pengunjung

Spot Foto yang pertama adalah bekas landasan Gantole yang terbuat dari kayu. Sebelum resmi dijadikan obyek Wisata, dulunya tempat ini adalah landasan Gantole, tapi karena tempatnya kurang aman sebagai peluncuran gantole, sekarang landasannya dipindah ke Puncak Joglo.


Spot foto yang kedua adalah tulisan watu cenik dengan background waduk Gajah Mungkur yang terbentang luas, dan spot foto ini merupakan spot Favorite para pengunjung.

Spot foto ketiga adalah tempat duduk yang terbuat dari bambu untuk melihat langsung sunrise, jadi usahakan jika ingin mengunjungi tempat ini sebelum pukul 06.00 WIB agar mendapatkan view yang bagus.


Spot foto selanjutnya adalah balon udara, dan spot foto lain yang tidak kalah menarik adalah bingkai yang terbuat dari besi yang berbentuk love dan ada juga yang berbentuk bulat.


Di tempat ini juga disediakan gazebo bagi para pengunjung yang ingin beristirahat menikmati sejuknya angin perbukitan. Fasilitas seperti toilet juga disediakan, dan di sekitar area tempat wisata ada beberapa tempat yang menjual makanan dan minuman dengan harga yang murah.

Jika kalian berkunjung ke Kabupaten Wonogiri, jangan lupa mampir ke Obyek wisata Watu Cenik, dan rasakan sensasi menikmati indahnya pemandangan waduk dari perbukitan.

39 thoughts on “Melihat Pesona Waduk Gajah Mungkur Dari WATU CENIK

  1. Uwowww keren banget pemandangannya Kak, sumpah pengen terbang aja rasanya.
    Spot fotonya juga ga kalah keren-keren. Ternyata dekat dengan kota Wonogiri.
    Very nice trip

  2. Kalo aku pertama denger wonogiri ingetnya bakso titoti wkwk.

    Btw pemandangannya ya ampuuuun luar biasaaaaa mantap.
    Tapi sekarang ini tempat wisata hampir semua dibuat spot foto kayak gitu yaa

  3. Aku sudah pernah berkunjung ke Gajah Mungkur saat SMP..wah tahun berapa itu ya hahaha..tapi di area pintu wisata masuk waduk, jadi sepertinya saat itu belum ada Watu Cenik ini. Wah, keren banget ya spot fotonya itu…alami. semoga bisa ke sana juga

  4. Kalo denger Wonogiri yang ada dalam bayangan saya itu bakso-nya yang enak. Tapi setelah lihat ulasan Watu Cenik ini saya penasaran juga ingin melihat Waduk Gajah Mungkur dari sana, kalau lihat foto-fotonya soalnya pemandangannya keren banget.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *