7 Destinasi Unggulan di Wonogiri Yang Wajib di Jelajahi

7 Destinasi Unggulan di Wonogiri Yang Wajib di Jelajahi

Siapa yang menyangka, salah satu kabupaten yang masuk dalam Keresidenan Surakarta –di ujung Provinsi Jawa Tengah bagian timur ini– menyimpan keindahan panorama alam yang menajubkan dan menjadi perbincangan bagi kalangan wisatawan.

Kota yang berbatasan langsung dengan 2 Provinsi sekaligus yaitu Jawa Timur dan Yogyakarta ini menawarkan destinasi wisata yang lengkap dan wajib dijelajahi, mulai dari wisata air terjun, wisata waduk, wisata pantai, wisata goa dan wisata museum.

Sumber: IG @abiyyuilham_

Aksesnya yang mudah dijangkau menjadikan Kabupaten Wonogiri menjadi salah satu tujuan favorite wisata di Jawa Tengah. Bahkan pariwisata Wonogiri digadang-gadang menjadi yang terbaik se-eks Karisidenan Surakarta karena satu-satunya kabupaten yang mempunyai pantai dan perbukitan karst yang membentang luas.

Wisatawan yang menggunakan transportasi moda pesawat bisa memilih penerbangan dengan tujuan bandara International Adi Sumarmo Solo, dan untuk moda kereta api di Stasiun Balapan atau stasiun lainnya yang ada di kota Solo. Selanjutnya, untuk sampai di Wonogiri dapat beralih menggunakan transportasi umum atau pribadi.

Ini adalah 7 destinasi unggulan yang wajib dikunjungi bagi wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Wonogiri, mari menjelah bersama Harjunatbm.com.

1. Waduk Gajah Mungkur, ikon wisata kota Wonogiri.

Sumber: IG @habibbibol

Waduk Gajah Mungkur yang dibangun tahun 1971 di era pemerintahan Soeharto ini menjadi ikon wisata kabupaten Wonogiri. Jaraknya yang dekat dengan kota mampu menyedot wisatawan untuk berkunjung terutama bagi penduduk lokal kota Wonogiri itu sendiri. Panorama waduk yang terbentang luas menjadikan tempat ini layak untuk di jelajahi selain dipergunakan untuk PLTA dan Irigasi. Tidak hanya panorama waduk, di tempat ini dilengkapi dengan waterboom, taman satwa, taman rekreasi untuk anak-anak, kapal boat, dan beberapa spot foto yang menarik.

2. Air Terjun Giri Manik, memiliki 3 tingkatan.

Sumber: IG @prabowoismail74

Air Terjun Giri manik yang terletak di Kecamatan Slogohimo merupakan salah satu air terjun yang ada di Kabupaten Wonogiri yang menarik untuk dijelajahi. Selain udara yang sejuk dan menyegarkan, debut air yang deras menjadikan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Ada 3 air terjun di kawasan Girimanik, diantaranya Manikmoyo, Condromoyo, Tinjomoyo. Air terjun Manikmoyo adalah yang paling tinggi dengan ketinggian sekitar 70 m.

Baca juga: 5 Makanan khas Wonogiri yang wajib dicicipi.

3. Pantai Nampu, Pasir putihnya menawan.

Sumber: IG @arrdddiiiii

Tidak ada yang menduga, Kabupaten Wonogiri yang terkenal dengan perbukitannya menyimpan keindahan alam Pantai yang Menawan. Bentangan pasir putihnya mampu menghipnotis wisatawan yang datang untuk berlama-lama menikmati panoramanya dan mengabadikannya lewat foto. Pantai ini terletak di Paranggupito, kurang lebih memakan waktu 2 jam perjalanan dari kota Wonogiri.

4. Pantai Sembukan, terkenal dengan jagad spiritual.

Sumber: IG @saktibayu13_

Pantai sembukan adalah pantai kedua yang terbaik di kabupaten Wonogiri, selain menawarkan keindahan alamnya, pantai sembukan dikenal dengan jagad spiritualnya. Konon pantai ini merupakan salah satu pintu gerbang penguasa laut selatan, Nyi Roro Kidul. Tempat ini sangat cocok untuk wisatawan yang punya hobby memancing.

5. Bukit Cumbri, menikmati sunrise terbaik di Wonogiri.

Sumber: IG @sidikfbr

Tempat wisata ini tergolong tempat wisata yang masih baru, tapi bisa dengan cepat menyedot perhatian wisatawan. Bukit Cumbri dikenal dengan wisata untuk menikmati negeri diatas awannya. Untuk dapat menuju atas puncak bukit, diperlukan waktu kurang lebih satu jam perjalanan dengan jalan kaki. Selain dikenal dengan negeri atas awannya, bukit cumbri juga menyajikan spot sunrise dan sunset yang cukup dinikmati terutama bagi wisatawan kalangan muda.

6. Musem Karst, satu-satu nya di Indonesia

Sumber : IG @ichlistiani

Museum yang terletak di Pracimantoro ini diremsikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tahun 2009 silam. Museum ini tercatat satu-satunya yang ada di Indonesia. Museum ini dibangun untuk memperkenalkan kepada wisatawan tentang kasrt atau lebih dikenal dengan batuan kapur. Menariknya, disekitar museum terdapat beberapa goa yang bisa dinikmati bagi wisatawan.

7. Watu Cenik, sensasi menikmati waduk dari ketinggian.

Sumber: IG @rhmsri_k

Bekas landasan Gantole ini menawarkan sensasi menikmati pemandangan waduk Gajah Mungkur dari perbukitan. Ini menjadi pilihan kedua bagi wisatawan yang ingin menikmati wisata yang dekat dengan kota wonogiri. Jarak tempuhnya hanya berkisar antara 15-20 menit. Tempat ini dilengkapi beberapa spot foto yang menarik seperti balon udara, gazebo, dan bingkai.

Baca juga: mengintip sunrise dari puncak gunung ireng

4 thoughts on “7 Destinasi Unggulan di Wonogiri Yang Wajib di Jelajahi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *