5 Makanan khas Wonogiri Yang Wajib Dicicipi

5 Makanan khas Wonogiri Yang Wajib Dicicipi

Selain destinasi wisatanya yang menjadi perbincangan para wisatawan, Wonogiri mempunyai makanan khas yang wajib dicicipi karena memiliki cita rasa yang menggugah selera. Salah satunya adalah Bakso, makanan yang cukup terkenal ini adalah berasal dari Wonogiri.

Di kota-kota besar seperti Jakarta, bakso asal Wonogiri mendapat tempat tersendiri bagi para penggemarnya. Bahkan jika seseorang ditanya “apakah yang terkenal di Wonogiri”, mereka akan menjawab bakso.

Inilah 5 makanan khas Wonogiri yang wajib dicicipi jika berkunjung ke Kabupaten wonogiri, mari makan bersama Harjunatbm.com.

1.Mie ayam dan Bakso Wonogiri, ikon makanan Wonogiri.

Banyak sekali pedagang-pedagang yang berjualan di luar kota Wonogiri menggunakan nama “mie ayam bakso Wonogiri”, karena Mie ayam bakso wonogiri sudah dikenal karena kelezatanya dan rasanya yang unik. Di Wonogiri sendiri, makanan ini mudah sekali ditemukan, bahkan hampir di semua tempat wisata ada yang menjual makanan ini. Harganya yang relatif murah, menjadikan makanan ini diburu para wisatawan.

2. Sego Tiwul, pengganti nasi yang lezat.

Sumber: IG @progorafting

Dahulu, sego tiwul menjadi makanan pokok pengganti nasi putih, tapi sekarang makanan berbahan dasar singkong ini mulai jarang ditemukan. Tetapi jangan khawatir, bagi wisatawan yang ingin menikmati sensasi makan sego tiwul yang legendaris bisa langsung ke Pasar Wonogiri.

Baca Juga: 7 Destinasi unggulan di Wonogiri yang wajib dijelajahi

3. Gathot, hasil frementasi dari singkong.

Sumber: IG @Sarijay7524

Masih dengan makanan berbahan dasar singkong, tapi kali ini berbeda, karena gathot adalah olahan makanan setelah di mengalami proses frementasi agar berwarna hitam. Uniknya, makanan ini sekarang dibuat dalam kemasan instan dan dijual di toko yang menjual aneka jajanan khas Wonogiri.

4. Kacang Mete, paling diburu saat lebaran tiba.

Sumber: IG @nientamboen

Wonogiri mempunyai perkebunan Kacang Mete yang cukup luas sehingga menghasilkan kacang mete berkualitas super. Makanan ini paling banyak di cari saat musim lebaran tiba. Rasanya yang gurih membuat makanan ini dinikmati semua kalangan.

5. Wader Goreng, rasanya gurih untuk cemilan.

Sumber: IG @widodo_lestari02

Makanan khas yang satu ini bisa ditemui di sepanjang jalan menuju kawasan obyek wisata Waduk Gajah Mungkur. Ikan sebesar kelingking ini lumayan digemari untuk dijadikan lauk pauk bahkan untuk cemilan.

3 thoughts on “5 Makanan khas Wonogiri Yang Wajib Dicicipi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *