Pelatihan Blog Bersama KUBBU Titik Awal Menjadi Blogger Hits

Pelatihan Blog Bersama KUBBU Titik Awal Menjadi Blogger Hits

Pelatihan Blog Bersama KUBBU, Membuat Blog, Mengisi Blog, dan Menghasilkan Uang

Hari minggu tanggal 14 Juli 2019 adalah awal dari tiga serangkaian pelatihan blog yang diadakan oleh Klub Blogger & Buku (KUBBU) Backpacker Jakarta, bertempat di perpustakaan Taman Ismail Marzuki. Pelatihan blog untuk pemula ini diberi nama “GO-BLOG: Cerdas & Ngebut ala Blogger Zaman Now” yang diikuti kurang lebih sebanyak 40 peserta.

Pelatihan Membuat Blog

Hari pertama, pelatihan blog dimentori oleh Febriyan Lukito, seorang blogger Indonesia dan SEO Enthusiast dengan materi “Membuat Blog dari nol sampai wow”. Disesi ini peserta diajari cara membuat blog dari awal dengan menggunakan platform WordPress. Dua blogger yang tahun sebelumnya mengikuti pelatihan Blogger pemula pun dikenalkan, dan sekarang sudah menjadi blogger hits yaitu Dayu dan Cha.

Pelatihan Mengisi Blog

Di hari kedua, tepatnya tanggal 21 Juni 2019, pelatihan blog diisi oleh Iman Ridhwan Syah, dia  saat ini fulltime menjadi blogger dan sekaligus menjadi founder dari Bacalagers Media. Materi kedua ini berkaitan dengan “Mengisi Konten Blog”. Disini peserta diajari cara mengisi konten blog dengan tulisan, gambar dan video. Adapun sedikit pengenalan tentang SEO dasar dan cara memasukkan Backlink ke dalam artikel.

Menghasilkan Uang Dari Blog

Pelatihan blog di minggu ketiga akan dilaksanakan tanggal 28 Juli 2019, dengan pemateri bernama  Shintaries Nijerinda seorang blogger trainer dan Founder dari Blogger perempuan. Materi yang akan disampaikan adalah “How to Monetize Your Blog”. Momen ini adalah yang ditunggu-tunggu, karena akan diajarkan cara memaksimalkan blog untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

5 Alasan Mendasar Mengikuti Pelatihan Blog Bersama KUBBU

1.Menulis Untuk Hari Tua

Sumber: Dokumen Pribadi

Setiap orang pasti akan menjadi tua, dan inilah alasan utama saya menulis. Dengan menulis saya akan mengingat semua kejadian saat memori saya mulai berkurang karena usia. Kelak saya bisa berbagi cerita dengan anak cucu saya tentang pengalaman hidup yang pernah saya alami. Jika tulisan kita bermanfaat, maka akan banyak orang yang akan terbantu akan hal tersebut.

2. Setiap Perjalanan Itu Berharga

Sumber: IG @harjuna_tbm

Saya senang sekali travelling, melalui tulisan saya dapat berbagi cerita dan membagikan informasi kepada orang-orang terumata mengenai destinasi wisata yang bagus dan aneka makanan yang lezat saat berkunjung ke suatu tempat.

3. Menambah Uang Jajan

Sumber: News.okezone.com

Siapa yang tidak ingin jika tulisan yang kita hasilkan dibayar? Seperti halnya saya, mendapatkan uang dari nge blog juga salah satu tujuan saya menulis.

4. Menambah Semangat Untuk Terus Menulis

Sumber: Jagad.id

Selain menulis pengalaman pribadi, saya suka menulis cerpen. Dengan mengikuti pelatihan blog, saya berharap mendapatkan semangat baru lagi untuk menghasilkan karya. Banyak pepatah mengatakan “Jika kamu ingin menjadi penulis, berkumpulah dengan penulis”. Semakin banyak teman yang suka menulis, saya akan terpacu untuk berlomba-lomba mengembangkan tulisan saya.

5. Mengikuti Lomba kepenulisan

Sumber: lifestyle.kompas.com

Alasan terakhir saya mengikuti pelatihan blog adalah karena saya ingin mengikuti berbagai perlombaan kepenulisan. Dengan cara ini saya tahu kualitas tulisan saya, apapun yang terjadi saya akan terus belajar.

“Setiap orang mempunyai alasannya masing-masing untuk menulis. Sampai kapanpun jangan pernah berhenti menulis, karena tulisanmu akan membawamu mengenali dunia ini. Kelak jika kamu menjadi tua, tulisanmu akan membantumu mengingat saat memorimu mulai menurun karena usia, bahkan tulisanmu akan terus ada sekalipun kamu mati.”

Baca juga: Menulis Untuk Hari Tua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *